Senin, 22 Mei 2017

23 Mei 2017 - Press Release Humas dan Protokol

PRESS RELEASE
DPMD Wajibkan Banner Transparansi APBDes


Lumajang, 23 Mei 2017—Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lumajang menggelar jumpa pers di Ruang Terbatas Kantor Bupati Lumajang, Senin (22/5). Jumpa pers tersebut tentang Alokasian Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Kabupaten Lumajang.

Pemaparan ADD dan DD oleh Kadis DPMD , Patria DH
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Patria Dwi Hastiadi, AP, M.Si., menjelaskan DPMD  memfasilitasi penyaluran dan desa yang dilakukan melalui pemindah bukuan melalui Rekening Kas Umum Daerah ke Rekening Kas Desa. Hal ini dilakukan setelah dana desa diterima oleh rekening kas umum daerah yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Daerah, tentunya setelah desa memenuhi persyaratan yang telahditentukan.

“Dana Desa dapat digunakan untuk membiayai kegiatan yang tidak termasuk prioritas setelah mendapat persetujuan dari Bupati”. Ujarnya. Persetujuan tersebut diberikan pada saat evaluasi rancangan peraturan desa tentang APBDes. Selain itu, Ka DPMD juga menyampaikan, bahwa Dana Desa bias digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, “Dana desa bias digunakan untuk pemberdayaan masyarakat, apapun bentuknya”. Tegasnya

Lebih jauh Kepala DPMD menjelaskan, Bupati dapat menunda penyaluran Dana Desa dari rekening kas umum daerah (RKUD) ke rekening kas desa (RKD) jika desa belum menyampaikan persyaratan penyaluran, baik tahap 1 dan tahap 2, dan masih terdapat sisa dana desa di RKD tahun anggaran sebelumnya lebih dari 30% dana, serta terdapat usulan dari pejabat fungsional daerah. Saat ini, DPMD sudah melakukan upaya terkait dengan pencairan dana desa dari pusat dengan melakukan komunikasi Direktur Jendral Perimbangan Keuangan.

DPMD juga sudah mewajibkan pemerintah desa untuk mengumumkan/memampang APBDes di tempat-tempat strategis di Desa.“kita wajibkan seluruh desa, apabila APBDES mereka sudah jadi, sudah dievaluasi dan diundangkan, mereka wajib membuat banner, ini sudah kita pantau dan sudah banyak yang membuat, kita akan melakukan cross check melalui camat”. Ujarnya

Sementara itu, Perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, Muhammad Ali menyampaikan dana desa ditujukan untuk mendukung NAWACITA, untuk membangun Indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat daerah dalam kerangka Negara Kesatuan, program ini sudah terealisasi sejak tahun 2015.

Muhammad Ali menjelaskan, Dana Desa merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN, diperuntukan untuk desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten atau Kota. Dana Desa ini digunakan untuk membiayai pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan untuk membangun dan memberdayakan masyarakat desa, terutama untuk meningkatkan kualitas hidup, mengurangi kemiskinan, kesenjangan sosial, serta perluasan ekonomi individu dan kelompok. (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol)

_________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Bupati : Kebersamaan itu harus diciptakan


Pelantikan tiga Kades terpilih dan satu PJ Kades
Lumajang, 23 Mei 2017 Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., melantik tiga Kepala Desa terpilih dan satu kepala desa PJ di Pendopo Kabupaten Lumajang, Senin (22/05/2017).

Bupati dalam sambutannya menjelaskan pentingnya kebersamaan. “Kebersamaan itu mutlak harus kita ciptakan!”, ungkapnya. Maksudnya adalah antar pejabat tingkat kabupaten sampai dengan lingkup desa itu saling terkait dan saling gotong royong atau bekerjasama. Di samping itu, Bupati berpesan untuk tidak larut dalam euphoria. Karena setelah dilantik bukan untuk meluapkan kegembiraan yang berlebihan, melainkan mulai bekerja, mewujudkan program yang dijanjikan saat kampanye.

Perangkat desa, RT, RW, BPD, LKMD serta semua elemen di desa harus sejalan membantu kepala desa membangun kesejahteraan desa, sekaligus segera menyampaikan jika ada permasalahan di desa. Bagi kepala desa yang baru dilantikpun, bupati berpesan agar cepat dan sigap jika berhadapan dengan masalah yang ada. Selain itu, bila ada masukan ataupun kritik harus diterima dengan baik. Hal ini akan memberikan kesan yang baik kepada masyarakat desa bahwa kepala desanya bekerja dengan baik. Bupati mengajak sekaligus menghimbau keempat kepala desa yang baru dilantik untuk mengikuti aturan yang ada di pemerintah.

Tiga kepala desa yang dilantik, yaitu Kades Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto a.n. Suhendri, kades Klakah Kecamatan Klakah a.n. Salim, Kades Purwosono Kecamatan Sumbersuko a.n. Hendrik Dwi Martono, PJ. Kades Jatigono Kecamatan Kunir a.n. Kajat, S.Sos. Ketiga kades terpilih yang dilantik tersebut, melanjutkan sisa masa kerja kades sebelumnya sampai dengan 26 Desember 2019. Sedangkan untuk PJ. Kades Jatigono Kecamatan Kunir, menjalankan tugasnya sampai terpilihnya kades definitif dari hasil pilkades serentak kurang lebih selama 7 bulan.

Di akhir sambutannya, bupati berpesan kepada istri para kades bahwa perannya saat ini sudah berubah menjadi bu kades. Hal ini berdampak pada kegiatan para kades yang seringkali harus didampingi oleh istri. Setidaknya para istri juga ikut andil menjalankan kegiatan desa yang mungkin program kerja kades. Sebab, secara tidak langsung para istri menjadi ketua TP PKK Desa yang harus bekerja sama dengan program kegiatan desa. (Melani, Mirwan Humas dan Protokol)

_________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Lestarikan Alam, Untuk Anak Cucu

Asisten Ekbang Setda Kab. Lumajang membuka sosialisasi
Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup
Lumajang, 23 Mei 2017 Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kabupaten Lumajang, Ir. Agus Widarto, mewakili Bupati Lumajang membuka acara Sosialisasi Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dalam Kegiatan Penilaian Kalpataru. Kegiatan diselenggaraan di aula Nagara Bhakti, BKD Kabupaten Lumajang. Acara sosialisasi ini dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Senin (22/05/2017).

Dalam sambutannya, Asisten menyampaikan tujuan utama sosialisasi pelestarian lingkungan hidup ini adalah untuk menggugah semangat dan kesadaran tentang pentingnya kelestarian lingkungan. Upaya pelestarian lingkungan hidup adalah untuk keberlangsungan hidup anak cucu kelak. Ia berharap, agar masyarakat selalu menjaga keutuhan lingkungan sekitar, memelihara dan mengembangkan SDA yang ada, memanfaatkan SDA dengan batas optimal, memilih penggunaan SDA guna persiapan masa depan, sekaligus tidak mengurangi kemampuan dan kelestarian alam.

Asisten mengapresiasi kepada individu maupun kelompok masyarakat yang memperoleh prestasi di bidang kalpataru. Terdapat 16 nama individu maupun kelompok di Kabupaten Lumajang yang berhasil melakukan upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup. Di samping itu ada 10 desa dan kelurahan yang mendapatkan prestasi bidang berseri. 10 desa dan kelurahan tersebut adalah desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, kelurahan Ditotrunan Kecamatan Lumajang, Desa Burno Kecamatan Senduro, Desa Sukorejo kecamatan Pasrujambe, Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung, Desa Dawuhan Lor Kecamatan Sukodono, Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh, Kelurahan Citrodiwangsan Kecamatan Lumajang, Desa Gucialit Kecamatan Gucialit, dan Desa Denok Kecamatan Lumajang.

Kabid Pemeliharaan Lingkungan dan Peran Serta Masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup, Agus R. Rozaq melaporkan,  tujuan sosialisasi ini adalah mendorong masyarakat berperilaku dan berperan aktif dalam pengelolaan SDA dan pelestarian lingkungan hidup.Selain itu juga untuk mengembangkan inovasi, kreatifitas dan peran serta masyarakat untuk mewujudkan perilaku masyarakat ramah lingkungan, serta mengembangkan pranata sosial dan kelembagaan lingkungan hidup yang menunjang tercapainya keadilan dalam pemanfaatan SDA dan lingkungan. (Melani, Mirwan Humas dan Protokol)



_________________________________________________________________

PRESS RELEASE


Semangat Kebangkitan Nasional Sangat Penting

Bupati Selaku Inspektur Upacara dalam peringatakan HARKITNAS 2017
Lumajang, 23 Mei 2017Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., bertindak sebagai inspektur Upacara Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) yang ke 109 Tahun 2017 di alun-alun Lumajang, Senin (22/05/2017). Harkitnas kali ini bertemakan Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional. Upacara ini dihadiri oleh FORKOPIMDA, Sekretaris Kabupaten Lumajang Drs. Masudi, M.Si. beserta Asisten, Anggota DPRD, Kepala OPD, perwakilan anggota TNI, Polisi,dan Peserta Upacara se-Kabupaten Lumajang.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati menyampaikan, semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa. Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Menurutnya, Pemerintah bukan berarti abai terhadap aspek ini. Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor, kelistrikan dan infrastruktur.

Lebih jauh disampaikan, bahwa satu abad lebih sejak organisasi Boedi Oetomo digagas telah memunculkan dimensi baru dari landskap sosial budaya seluruh umat manusia. Perubahan besar telah terjadi, yang kalau boleh kita rangkum dalam satu kata, kiranya “digitalisasi” adalah kata yang tepat. Semoga kita semua bisa meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat dan sentosa dan berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat.

Di luar teks sambutan tertulis Menteri Pendidikan RI, Bupati Lumajang berharap kedepan bisa membangun Indonesia, khususnya di Kabupaten Lumajang secara merata dan berkeadilan, tidak boleh ada generasi yang tercecer ataupun tidak bisa merasakan nikmatnya pembangunan. Oleh karena itu Bupati Lumajang menekankan, untuk menyongsong masa depan dengan menyatukan langkah dan tekat. “Indonesia akan semakin kuat kalau kita bersama-sama sepakat untuk bersatu dan bersemangat membangun negeri”, ujar Bupati. SebelunyaBupati melakukan tabubunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Ahmad Yani Lumajang.(Dika, MirwanHumas dan  Protokol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...