Selasa, 13 Juni 2017

14 Juni 2017 - Press Release Humas dan Protokol


PRESS RELEASE
Bupati Hadir di Kejaksaan Negeri

Lumajang, 14 Juni 2017-- Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag., hadir di Kejaksaan Negeri Lumajang, untuk kegiatan Tasyakuran Buka Puasa Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-56 tahun 2017, di Kantor Kejaksaan Negeri Lumajang, Selasa (13/6/2017).

Bupati Lumajang memberikan sambutan
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan beberapa hal terkait dengan presentasinya tentang adipura di Jakarta beberapa waktu lalu. Bupati menyatakan optimis, Lumajang akan mampu mendapatkan penghargaan Adipura yang kesekian kalinya. Bupati menyampaikan bahwa dalam minggu ini akan melakukan presentasi terkait Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Dalam hal ini bupati menginformasikan ada sekitar 500 Kabupaten nominator.  Kabupaten Lumajang saat ini  menduduki nominasi peringkat ke 8 besar.

Bupati menjelaskan beberapa titik di Kabupaten Lumajang, Kelurahan Ditotrunan masuk dalam penilaian terbaik, karena masuk dalam kategori kelurahan mandiri. Sementara itu, Desa Denok dan Desa Gucialit juga termasuk nominasi nasional yang berkaitan dengan tata lingkungan. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Lumajang sudah berubah ke kehidupan yang peduli kepada lingkungan.

“Kita dilahirkan adalah untuk berbhakti, kita dilahirkan untuk berguna buat orang lain”, ujar Kepala Kejaksaan Negeri, Teuku Muzafar, S.H, M.H saat mengawali sambutannya. Menurutnya peringatan hari Bhakti Adhyaksa merupakan salah satu moment dimana Kejaksaan memberikan kontribusi bagi masyarakat Lumajang.

Lebih lanjut, Kepala Kejaksaan Negeri Lumajang menyampaikan kehadiran Bupati Lumajang dan Forkompimda Lumajang dalam acara tersebut merupakan salah satu bentuk kekompakan dan sinergritas Forkopimda, sehingga kekompakan ini harus selalu dijaga untuk saling mendukung program pemerintah.


Kajari menyampaikan fungsi penegak hukum adalah untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berkehidupan, salah satu tolak ukur keberhasilan program pembangunan adalah penyelenggaarn hukum yang dapat terlaksana dengan baik. Dalam kesempatan itu, Kajari menyerahkan santunan kepada 25 anak yatim (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PRESS RELEASE
Bupati : Tanganmu Harimaumu

Lumajang, 14 Juni 2017-- Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag., membuka workshop public speaking di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang. Senin (12/06/2017). Kegiatan tersebut berlangsung mulai hari senin 12 juni hingga kamis 15 juni 2017.

Bupati Lumajang saat memberikan sambutan
Bupati berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam penyampaian informasi secara lisan dengan baik kepada masyarakat. "Saya berharap kepada kawan kawan nantinya mempunyai kemampuan teknik berbicara di depan umum dengan baik, utamanya dalam menyebarkan informasi pemerintahan dan pembangunan", ujarnya.

Lebih jauh, Bupati mengatakan bahwa kemajuan teknologi saat ini harus memberikan manfaat,"silahkan gunakan alat komunikasi atau medsos untuk menyebarkan berita yang bermanfaat bagi orang lain", ujarnya.

Di akhir sambutanya Bupati mengajak agar lebih berhati hati dengan jari tangannya, karena bukan lagi mulut yang jadi harimaumu tapi jarimu adalah harimaumu. Sebab, jika salah mengetik informasi di media sosial, dapat mencelakakan diri dan orang lain.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupten Lumajang Drs. Nur Wakit Ali Yusron, M.Si., dalam laporanya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan “public speaking” kepala OPD dan Pejabat Strategis OPD. Ia menyampaikan, kegiatan ini sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, dan  Peraturan Bupati Lumajang No 46 Tahun 2016 tentang penjabaran APBD. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 114 peserta dari masing-masing perwakilan seluruh OPD. Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber dari tim pakar komunikasi universitas indonesia. (Tata-Fadli, Mirwan  Humas dan Protokol).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PRESS RELEASE
Bupati: Tauhid dan Akhlaq Sangat Penting

Lumajang, 14 Juni 2017 Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., menghimbau kepada peserta Pengajian Dharma Wanita se-Kabupaten Lumajang agar mengambil hikmah yang bertemakan “Pentingnya Pendidikan Tauhid dan Akhlak dalam sebuah Keluarga”. Pengajian Dharma Wanita kali ini diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Lumajang, (13/6/2017).

Bupati menilai tema pengajian kali ini sangat penting karena inti dari agama Islam adalah aqidah dan akhlak. Bupati menekankan sebagai istri PNS/ASN agar mempunyai aqidah dan akhlak yang baik kepada suami, begitupun sebaliknya. “Jika ada sepasang suami istri, suami kepada istrinya akhlaknya kurang bagus ataupun sebaliknya, ini biasanya karena aqidahnya nggak kuat ”, ujarnya.  Diharapkan bupati, Dharma Wanita menghindari sikap semena-mena kepada orang lain. Selain itu, lindungi anak-anak supaya tidak bersikap semena-mena kepada orang yang lebih tua.

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan bibit bunga yang diberikan oleh DWP Kabupaten Lumajang yang rencananya akan ditanam di kawasan Alun-alun Lumajang. Diharapkan tindak lanjut setelah alun-alun ditanami bibit bunga dari DWP Kabupaten Lumajang bisa memanfaatkan sebagai tempat rekreasi, edukasi, dan pembinaan mental. Di samping itu, Bupati mengharapkan DWP Kabupaten Lumajang bisa mendukung program dan tugas suami. “Jangan memperdulikan komentar buruk orang lain mengenai pemerintahan Kabupaten Lumajang.”, pintanya sekaligus dalam sambutan tersebut.

Kinerja suami para Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lumajang yaitu ASN saat ini sudah banyak mendapat penghargaan tingkat provinsi maupun nasional. Ini merupakan pengakuan adanya  perubahan pembangunan dan pemerintahan. Banyak penganugerahan yang didapat, contohnya Dinas Pendidikan mendapatkan anugerah kabupaten literasi tingkat nasional: Dinas Lingkungan Hidup mendapatkan anugerah adipura, SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) yang telah masuk delapan besar dari kurang lebih 500 kabupaten/kota se- Indonesia; DISHUB dan SATPOL PP memperoleh WTN (Wahana Tata Nugraha); menjadi kabupaten dengan tim pengendali inflasi daerah berprestasi se- pulau Jawa; memperoleh KLA; dan yang terakhir mendapatkan opini WTP yang ketiga kalinya selama Drs. As’at menjabat Bupati Lumajang. Rencananya, akan ada paparan berkaitan dengan SLHD minggu ini yang diharapkan bisa meningkat peringkatnya. (Mel, Mirwan Humas dan Protokol)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PRESS RELEASE
Buka Puasa bersama PT. Mustikatama

Lumajang, 14 Juni 2017Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., menghadiri acara Istighosah Dan Buka Puasa Bersama dengan karyawan PT. Mustikatama di aula setempat, Desa Besuk Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Senin, (12/6/2017).

Bupati Lumajang memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada 3 orang warga yang berada di sekitar PT. Mustikatama dan karyawan atau karyawati PT. Mustikatama. Bupati juga memberi reward kepada 10 orang karyawan atau karyawati PT Mustikatama yang bisa menjawab pertanyaan dari Bupati, dengan pertanyaan mengenai makna dari puasa sesungguhnya.

Dalam sambutannya Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., menjelaskan tentang hukum dari puasa ramadhan, yaitu fardhu ain yang artinya wajib, harus dilaksanakan dan tidak boleh diwakilkan orang lain. Puasa ramadhan tidak boleh diwakilkan, puasa juga diwajibkan kepada umat sebelum kita, tujuan akhir dari puasa yaitu menjadikan orang yang bertakwa. Bupati mengingatkan agar tetap bersabar dalam menjalankan kegiatan apapun selama menjalankan ibadah puasa ramadan. Karena tugas di dunia adalah beribadah kepada Allah SWT, dan barang siapa yang berpuasa Karena Allah SWT maka dosa-dosa kita akan diampuni. Dengan menjadi orang yang bertakwa harus bisa menjalani ibadah puasa dengan ikhlas, dengan begitu maka akan dimudahkan semua urusannya dan diberi kelancaran rizki.

Bupati juga berharap bahwa di Kabupaten Lumajang harus tetap damai, tenang serta bisa menjaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda suku, bangsa dan ras dan sebagainya.

Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi. Agus Iskarman, SE., Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Drs. Masudi, M.Si. beserta Asisten, dan Forkopimca Sumbersuko dan Tempeh. (Dika Humas dan Protokol).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PRESS RELEASE
PKK Bantu Bibit Cabai

Ketua TP-PKK memberikan sambutan
Lumajang, 14 Juni 2017-- Ketua TP-PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk As’at, didampingi Wakil Ketua I, Ny.Buntaran membagikan tanaman cabai dalam kegiatan Gerakan Tanam Cabai Sepuluh Juta Polybag Kerja Sama Dinas Pertanian Dengan TP-PKK Kabupaten Lumajang Tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Kantor Kecamatan Pasirian, Selasa, (13/06/2017).

Dalam kegiatan tersebut diserahkan 2000 tanaman cabai yang siap tanam kepada perwakilan TP-PKK Kecamatan di wilayah Kabupaten Lumajang, yang nantinya dibagikan ke PKK Kelurahan dan Desa.

Ny. Tutuk menyampaikan pentingnya penanaman cabai di sekitar rumah merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi kelangkaan cabai. Ny.Tutuk juga menghimbau seluruh TP-PKK baik Kabupaten maupun Kecamatan agar menanam 5 Pohon Cabai, 5 Pohon Terong, dan 5 Pohon Tomat. Hal ini ditujukan untuk memberdayakan tanah disekitar rumah serta mengatasi permasalahan kelangkaan di pasaran.

Selain itu, Ny.Tutuk menghimbau agar lebih memilih belanja di pasar tradisional. Menurutnya, berbelanja di pasar memiliki nilai seni yang menghasikan, dalam proses tawar-menawar terjadi interaksi penjual dan pembeli. Belanja di pasar tradisional,  juga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat lokal.

Camat Pasirian, Iwan Hadi Purnomo, S.STP., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP-PKK dan Dinas Pertanian yang telah memberikan bantuan tanaman cabai. Tujuan diberikannya bantuan ini untuk menanggulangi krisis dan mahalnya harga cabai. Ia menambahkan, dengan adanya minimal 1 tanaman cabai di sekitar pekarangan rumah akan mampu mengcover kebutuhan cabai sehari-hari. (Dika, Mirwan  Humas dan Protokol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...