Rabu, 21 Juni 2017

22 Juni 2017 - Press Release Humas dan Protokol

PRESS RELEASE
PERSIAPKAN ARUS MUDIK-BALIK LEBARAN 2017
Jumpa Pers mengenai Arus Mudik dan Arus Balik
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 22 Juni 2017 – Menyambut lebaran tahun 2017, Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang agaknya sudah melakukan persiapan guna antisipasi arus mudik maupun arus balik . Diperkirakan arus mudik mulai ramai pada H-2, hal ini disebabkan cuti bersama dimulai pada hari jum’at tanggal 23 Juni 2017.
Diakui Kepala Dishub Kabupeten Lumajang, Sugeng Priyono, S.Sos, MM., dalam jumpa pers di Lantai 3 ruang belakang Kantor Pemerintah Kabupaten Lumajang, Rabu (21/6/2017), pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan forum lalu lintas beberapa hari yang lalu yang dihadiri oleh Satlantas, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Organda, Akademisi,PMI dan BNN. Ka Dishub menyampaikan pihaknya sudah memasang beberapa rambu lalu lintas pada titik rawan macet, rawan kecelakaan dan rawan bencana seperti longsor, beberpa wilayah tersebut jatiroto, ranuyoso dan wilayah selatan arah malang.
“Yang kami antisipasi betul, adalah 2 jalur yaitu jalur masuk dari wilayah Jember dan Surabaya”, ujarnya. Kedua jalur tersebut diakui menjadi titik kerawanan, maka dari itu akan pihaknya akan mendirikan pos pengamanan lebaran pada 2 tiitk tersebut.
Untuk mengantisipasi jalur ramai laka lantas, dishub sudah melakukan survey untuk menentukan jalur alternative, salah satunya jalan masuk sebelah Polsek Ranuyoso sampai batas Desa Wonoayu yang hanya diperuntukkan untuk kendaraan dari arah Lumajang, Sedangkan kendaraan dari arah Surabaya harus mengikuti jalan yang sudah ada. Hal tersebut dikarenakan jalur alternative yang digunakan cukup sempit.
Untuk wilayah Wonorejo, Dishub sudah berkoordinasi dengan UPT terminal. Beberapa hari yang lalu sudah dilakukan operasi gabungan untuk memastikan tingakat kesehatan pengemudi layak untuk mengemudi. Hal ini merupakan salah satu pelayanan aparat kepada masyarakat untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, untuk wilayah perkotaan dari jalan A.Yani – PB. Sudirman, Ka Dishub menyampaikan, pihaknya sudah menurunkan beberapa personil untuk menertibkan parker para pengendara disepanjang jalan PB. Sudirman. Parker saat ini berada pada lajur kiri, untuk pengendara yang masih membandel, akan dilakukan penindakan dengan tegas oleh petugas. (Fadli, Mirwan  Humas dan Protokol).

_____________________________________________________________________
 PRESS RELEASE

KUNJUNGAN SAFARI RAMADHAN K3S TERAKHIR
K3S di Ummul Qura'
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 22 Juni 2017 Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., didampingi dengan Ketua K3S (Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk Asat mengunjungi LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Ummul Qura’, Desa Selokanyar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Rabu, (21/6/2017).
Turut hadir wakil ketua K3S, Mimik Buntaran dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang Drs. Hariyono.
Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka K3S dan Pemberian Santunan Kematian dari PKK Kabupaten. Kunjungan kali ini dengan memberikan bantuan kebutuhan pokok, berupa beras, mi instan, minyak goreng, dan minuman, serta santunan kematian yang diserahkan langsung oleh Bupati Lumajang ke LKSA Ummul Qura'.
K3S di Darul Aitam, Pulosari
(Doc. Humas dan Protokol)
Ketua K3S menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan serangkaian acara yang diagendakan K3S Kabupaten Lumajang yang bertujuan untuk silahturahmi dengan anak-anak LKSA yang berjumlah sekitar 55 di Kabupaten Lumajang. Karena K3S merupakan organisasi yang bergerak dibidang sosial, maka di kunjungan kali ini memberikan bantuan sosial ke LKSA Ummul Qura’.
Lebih lanjut, diharapkan kepada anak-anak LKSA tetap bersemangat sekolah menuntut ilmu pendidikan umum maupun agama. Bahkan, Ketua K3S berpesan agar meneruskan pendidikan minimal S1 bahkan S2. Karena mereka merupakan harapan bagi nusa dan bangsa dan mereka juga lah yang akan meneruskan perjuangan bangsa.
Selain itu Ketua K3S juga berpesan kepada anak-anak LKSA agar lebih meningkatkan ibadah di malam Lailatul Qadr, terutama di malam ganjil. Sehingga ketika sudah menemui hari fitri nanti, bisa dalam keadaan fitri kembali.
Pada hari yang sama juga Ketua K3S (Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk Asat mengunjungi LKSA Darul Aitam, Pulosari, Lumajang. Kegiatan ini dalam rangka kunjungan terakhir Safari Ramadhan K3S Tahun 2017, Rabu (21/6/2017). Disamping itu, hadir pula wakil ketua K3S, Mimik Buntaran.
Hj. Tutuk As’at berharap dengan bantuan ini bisa memfasilitasi anak-anak LKSA yang kurang mampu dan anak yatim, terjalin silahturahmi dan kerjasama yang baik. Selain itu, juga bertujuan menanamkan kesadaran kewajiban untuk zakat, infak, dan sodaqoh. (Mel-Dika,  Mirwan Humas dan Protokol).

_____________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Bupati Bagi-bagi Sembako di Kediaman Pribadi
Bupati membagikan sembako ke masyarakat
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 22 Juni 2017-- Momen Idul Fitri/ lebaran sangat ditunggu oleh seluruh masyarakat muslim, khususnya di Kabupaten Lumajang, tidak sedikit orang yang belum bisa merayakan lebaran dengan bahagia karena kondisi ekonomi masih kurang. Hal ini menjadi kepedulian tersendiri Bupati Lumajang.
Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang, Drs. Asʻat, M. Ag didampingi Ny. Tutuk Asʻat menyerahkan sejumlah sembako, baju koko dan mukenah kepada masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono di Rumah Pribadi Bupati, Desa Karangsari, Kamis (22/6/2017). Acara tersebut disambut antusias oleh seluruh masyarakat. Hal ini nampak pada banyaknya masyarakat yang sudah berkerumun sebelum acara dimulai.
“ini bentuk kepedulian kita kepada masyarakat”, ujar Bupati disela acara penyerahan sembako. Menurutnya acara yang sudah rutin dilakukan tersebut merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat agar bisa merasakan kebahagiaan yang sama di hari lebaran. Bupati berharap, masyarakat dapat menikmati hari lebaran sama seperti masyarakat yang lain.
Dalam acara tersebut Bupati juga menyempatkan diri melakukan interaksi dengan masyarakat, sehingga masyarakat merasa dekat dengan pemimpinya.
Sementara itu, Kepala Dusun Sidomulyo, Yasin Toha, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah memberikan bantuan kepada masyarakatnya, menurutnya bantuan tersebut sangat berarti dan berguna untuk masyarakat mengingat masyarakat yang menerima bantuan adalah masyarakat yang dianggap kurang mampu. “bupati setiap tahun memberikan bantuan, sudah lama tiap tahun saya dimintai data”, ujarnya.

Menurut Kasun, warga yang menerima bantuan sekitar 130 orang yang terdiri dari 13 RW di Desa Karangsari, namun tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah, mengingat jumlah masyarakat Karangrasi juga banyak. (Fadli, Mirwan  Humas dan Protokol).

_____________________________________________________________________

PRESS RELEASE
Bupati Serahkan 21 Unit Ambulance Desa
Lumajang, 22 Juni 2017 -- Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., didampingi Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes., menyerahkan 21 Unit Kendaraan Ambulance Desa ke Kepala Desa. Penyerahan itu berlangsung di Pendopo Kabupaten Lumajang. Kamis, (22/6/2017).
Penyerahan 21 Ambulans Desa
(Doc. Humas dan Protokol)
Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., menjelaskan bahwa penyertahan kali ini adalah penyerahan AMDES yang kedelapan kalinya  setelah sebelumnya pada tahun 2010 diserahkan AMDES 3 Desa, tahun 2011 diserahkan 30 AMDES, tahun 2012  diserahkan 10 AMDES, tahun 2013 diserahkan 21 AMDES, tahun 2014 diserahkan 21 AMDES dan 2 Ambulance PONKESTREN, dan tahun 2016 diserahkan 21 AMDES. Pada tahun 2017 Bupati Lumajang akan menyerahkan lagi 21 Ambulance Desa. Sehingga totalnya sudah 165 unit Ambulance yang diserahkan Bupati kepada Desa dan 4 unit Ambulance PONKESTREN.
Lebih jauh, Bupati menjelaskan bahwa Ambulance Desa tersebut statusnya adalah “pinjam pakai” untuk pemerintah Desa. untuk pengelolaan termasuk pembiayaan operasional Ambulance Desa, Desa harus diberikan otonomi sehingga perlu membuat PERDES yang mengatur berapa dana Desa yang diambil dari anggaran dana Desa. “dengan bantuan Ambulance Desa  untuk masyarakat ini hanya berhenti sampai disini, untuk Desa-desa yang membutuhkan Pemkab Lumajang  akan berupaya untuk dapat terealisasi sebagaimana seharusnya”, harap Bupati.
Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Bayu Wibowo melaporkan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan kualitas rujukan khususnya dalam rujukan kasus tepat waktu, meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan.

Penerima AMDES saat ini adalah Desa Labruk Lor Kec. Lumajang, Desa Selokgondang dan Klanting Kec. Sukodono, Desa Sarikemuning Kec. Senduro, Desa Padang Kec. Padang, Desa Pasrujambe Kec. Pasrujambe, Desa Kebonsari Kec. Sumbersuko, Desa Ranuyoso dan Meninjo Kec Ranuyoso, Desa Tegalrandu Kec. Klakah, Desa Banyuputih Lor Kec. Randuagung, Desa Kaliboto Kidul Kec Jatiroto, Desa Grobogan Kec. Kedungjajang, Desa SumberanyarKec Rowokangkung, Desa Wonokerto Kec. Tekung, Desa Madurejo dan Bades Kec. Pasirian, Desa Jatisari dan Pulo Kec. Tempeh, Desa Kedungmoro Kec. Kunir dan Desa Tunjungrejo Kec. Yosowilangun. (Dika-Mel, Mirwan Humas dan Protokol)

_____________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Semangat Menorehkan Prestasi Terbaik

Lumajang, 22 Juni 2017- Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M.Ag., bersama Bunda PAUD Hj. Tutuk As’at, SH., menyerahkan paket lebaran secara simbolis kepada guru PAUD se Kabupaten Lumajang. Penyerahan paket lebaran tersebut berlangsung di Pendopo Kabupaten Lumajang dalam kegiatan “ SILAHTURAHMI DAN BUKA PUASA BERSAMA GURU PAUD se KABUPATEN LUMAJANG “ , Rabu (21 / 06 / 2017).

Buka Bersama dengan Guru Paud Se- Kabupaten Lumajang
(Doc. Humas dan Protokol)
Bupati Lumajang menyampaikan terima kasih kepada seluruh Guru PAUD yang ikut berperan dalam mencetak generasi yang baik.Keinginan saya sederhana sekali, Lumajang harus lebih baik, Pemerintahannya harus terwujud, seperti yang diinginkan oleh Almarhum Bapak H. Sjarazad Masdar “, ujar Bupati Lumajang.

Lebih jauh Bupati Lumajang menyampaikan syukur dan terima kasih, semangat dan kerja keras pemerintah dan masyarakat telah menorehkan sebuah prestasi. Prestasi tersebut sebuah penghargaan dari BPK RI melalui perwakilan Jawa Timur, yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk Kabupaten Lumajang. Penghargaan WTP untuk Kabupaten Lumajang sudah yang ke 3 kali yaitu tahun 2015, 2016 dan 2017. WTP diberikan kepada Daerah yang mampu mengelola keuangan dan asetnya sesuai dengan standart.

Kedepan Bupati Lumajang bersama Bunda PAUD berjanji akan terus berupaya lebih mensejahterakan guru non NIP yang ada di Kabupaten Lumajang. Sebagai tambahan informasi, data dari Dinas Pendidikan honor Guru PAUD di Kabupaten Lumajang merupakan honor tertinggi di Jawa Timur jika dibandikan dengan Kabupaten lain yang ada di Jawa Timur. (Tata, Mirwan Humas & Protokol)

_____________________________________________________________________

PRESS RELEASE
Bupati Berangkatkan Bus Mudik Gratis
Pemberangkatan Angkutan Mudik Gratis tahun 2017
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 22 Juni 2017- Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., memberangkatkan armda bus MUDIK GRATIS untuk masyarakat Lumajang. Pemberangkatan 2 (dua) bus itu berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten Lumajang, Kamis (22/6/2017).
Dalam kata sambutannya, bupati menjelaskan tujuannya diadakan BUS MUDIK GRATIS Lebaran itu untuk memperlancar perjalanan mudik masyarakat dari Lumajang menuju Surabaya. Sedangkan, untuk arus balik, bupati juga menyediakan 3 (tiga) armada bus, dengan perincian, 2 (dua) bus untuk jalur Lumajang menuju Surabaya. Sementara 1 (satu) bus dari Lumajang menuju Malang.
Bupati berpesan kepada para sopir bus Mudik Gratis tersebut, berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan, agar semua perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan, hingga akhir tugasnya. Diungkapnya, para penumpang bus Mudik Gratis juga akan diberi snack gratis selama perjalanan. Hal itu, untuk memberikan layanan yangg makin baik bagi masyarakat umum, khusunya para pemudik. Sejauh ini, hari pertama saja sudah sekitar 120 orang pemudik yang diantarkan ke Surabaya dan Malang.

Armada Bus Mudik Gratis yang disediakan oleh Pemkab Lumajang tersebut berlaku mulai Kamis, 22 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Bagi masyarakat yang akan menggunakan jasa layanan armada Bus Mudik Gratis itu, bisa menghubungi petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, yang bertugas di setiap pos-pos layanan yang disediakan. (Mel, Mirwan Humas & Protokol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...