Minggu, 16 Juli 2017

17 Juli 2017 - Press Release Humas dan Protokol

PRESS RELEASE
Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Raih Manggala Karya Kencana
TP PKK Lumajang terima penghargaan Manggala Karya Kencana
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 17-07-2017—Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. TUTUK FAJRIATUL AS’AT, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini dari BKKBN. Penganugerahan penghargaan itu, diterimakan saat berlangsunya puncak acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV di Bandar Lampung, Sumatra Selatan, Jum’at (14/07/2017). Demikian keterangan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lumajang, Drs. Aziz Fachrurrozi, MM., dalam pesan singkatnya yang dikirim saat mendampingi bupati dan Ny. Tutuk As’at pada penganugerahan tersebut.
Menurut Kabag Humas dan Protokol, anugerah ini merupakan penghargaan tertinggi dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap program Kependudukan; Keluarga Berencana; dan Pembangunan Keluarga. Ny. Tutuk dinilai Pemerintah Pusat memiliki komitmen tinggi dan menonjol dalam menggerakkan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga.
Ketua TP PKK Lumajang terima lencana penghargaan oleh
TP PKK Pusat
(Doc. Humas dan Protokol)
Dijelaskannya lebih jauh, Lencana Penghargaan tersebut, disematkan langsung Ketua TP PKK Pusat, Ny. Erni Gunarti Tjahjo Kumolo kepada Ny. Tutuk Fajriatul As’at, di Mahan Agung (Rumah Jabatan Gubernur Lampung) pada malam resepsi Penganugerahan Penghargaan Program Kependudukan, KB dan PK, Jum’at (14/07/2017). “Jadi, beliau dinilai mampu mensinergikan kegiatan PKK dengan beberaa instansi di dalam mensukseskan program KB dan Kependudkan dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga”, ujarnya.
Sementara itu, Ny. Tutuk Fajriatul As’at mengungkapkan, prestasi ini, merupakan kerja keras semua pihak, baik TP PKK, jajaran Badan KB dan Kependudukan dan instansi terkait lainnya di dalam kepemimpinan, motivasi dan kerjasama dalam membangun daerah. “Keberhasilan pembangunan, tidak lepas dari peran semua pihak, dalam kepemiminan, motivasi dan kerjasama”, tandasnya (Mirwan, Humas dan Protokol).
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
PENGUKUHAN PERHIPTANI LUMAJANG

Bupati kukuhkan pengurus PERHIPTANI
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 17 Juli 2017 – Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Wakil Bupati Lumajang, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Lumajang bersilahturahmi dan Halal Bi Halal Insan Pertanian Lumajang di Desa Pasru Jambe, Kamis (14/7/2017). Hadir pula di acara tersebut Drs. Dudi Gunardi, M.Si., sebagai Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Perkebunan Kementan RI, Ardi Praptono, SP., sebagai Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya, dan Ir. Bambang Budiarso sebagai Kabid Tanaman Tahunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Bupati sekaligus mengukuhkan sebanyak 21 orang pengurus PERHIPTANI (Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia) Kabupaten Lumajang. Pengurus PERHIPTANI dikukuhkan dengan masa bhakti 2017-2022. Bupati menyampaikan bahwa di tahun 2017 sudah ada anggaran dari APBD Prov. Jatim dan APBN sebesar 24,6 milyar rupiah diberikan untuk bantuan para petani dan pertanian Lumajang. Hal ini diharapkan bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan pertanian tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan khas Lumajang. Bupati berharap hasil produk kopi Lereng Semeru Organik, susu kambing etawa Senduro bisa optimal dan bisa dikenal masyarakat luas. Diharapkan potensi di Pasrujambe bisa dikembangkan menjadi lebih baik.

SIGARPUN BULAT (Aksi - Gerakan Pemupukan Organik dan Benih Unggul Bersertifikat) merupakan komitmen bupati guna peningkatan pertanian Lumajang. Guna optimalisasi produk olahan pangan dari kecamatan Pasrujambe akan direncanakan dan dijalankan perbaikan jalan.
Ketua DPW PERHIPTANI Provinsi Jawa Timur, Ir. Bambang Budiarso berharap hasil kopi Lereng Semeru Organik di Lumajang bisa dikenal masyarakat di luar Lumajang bahkan di Luar Jawa Timur. Beliau menyatakan jika kopi khas Lumajang bisa dijual di Jakarta, petani Lumajang akan mendapatkan untung yang banyak sekali.
Di samping itu, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang dan BNI Cabang Lumajang memberikan bantuan kepada para petani, berupa kartu tani, alat tanam/transplatter, benih padi, cultivator, mesin huller/mesin pengupas kopi, AUTP Polis dan AUTP klaim, AUTS polis dan AUTS klaim, pompa air, handtracktor, bangunan damparit, dan perpipaan. (Mel, Mirwan Humas dan Protokol)

________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Pengurus PPDI Kecamatan Pasrujambe Dikukuhkan

Pelantikan PPDI Kecamatan Pasrujambe
(Doc. Humas dan Protokol)
Lumajang, 17 April 2017 – Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., hadir menyaksikan pelantikan pengurus PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Kecamatan Pasrujambe, bertempat di Lapangan Nyaroan Sangak, Dusun Tawon Songo, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe Kamis (13/7/2017).

Pengurus PPDI dikukuhkan oleh Camat Pasrujamber, Edy., S. Sos., dan disaksikan oleh Bupati Lumajang berserta sejumlah undangan.Lumajang. sejumlah 19 orang yang dikukuhkan itu, adalah masa bhakti 2017-2022. Pengurus PPDI Kecamatan Pasrujambe dikukuhkan oleh Camat Pasrujambe, Edy Irianto, S. Sos.

Bupati Lumajang menyampaikan bahwa anggota PPDI harus sanggup bekerjasama dengan rakyat dan pemerintah. “Pengurus PPDI harus bisa mengembangkan potensi alam maupun hasil alam yang ada di Lumajang”, pesannya. Bupati meminta agar semua anggota PPDI Kecamatan Pasrujambe sanggup menjalankan amanah selama lima tahun ke depan dan bisa mengembangkan potensi pertanian di Pasrujambe.

Sanggupkah anda bekerja secara ikhlas ke masyarakat?”, pertanyaan Bupati Lumajang saat meminta kesanggupan PPDI Kecamatan Pasrujambe sesaat sebelum dilakukan pengukuhan. Bupati meyakinkan jika kinerja pengurus PPDI Kecamatan Pasrujambe bisa mengelola desa-desa yang ada di Pasrujambe, maka Pasrujambe akan menjadi destinasi wisata yang menarik. Selain itu, Bupati berharap setelah dilantik anggota PPDI benar-benar bekerja untuk masyarakat.

Bupati mengarahkan kepada Camat Pasrujambe beserta anggota PPDI agar ADD diarahkan ke perbaikan jalan di desa Pasrujambe. Hal ini dikarenakan tanah di Pasrujambe labil, maka harus dicarikan bahan yang cocok dengan tanahnya. Bupati juga berpesan agar diberikan gorong-gorong untuk jalannya air agar tidak banjir jika musim hujan tiba. (Mel, Mirwan HUMAS DAN PROTOKOL)

________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
KONI Siap Bantu Bupati

Lumajang, 17 Juli 2017 Bupati Lumajang, Drs.As’at,M.Ag., menghadiri Rapat Anggota KONI Kabupaten Lumajang, di Pendopo Kabupaten Lumajang, Kamis (13/7/2017).

Bupati hadiri Rapat Anggota KONI Kabupaten Lumajang
(Doc. Humas dan Protokol)
Bupati menyampaikan, Lumajang saat ini sudah mulai merangkak naik di segala bidang, termasuk di bidang olahraga yang kemudian harus bisa menggerakan perekonomian masyarakat. Setiap penyelenggaraan event yang ada harus mampu memberikan motivasi kepada masyarakat dalam bentuk ekonomi. “Ke depan, segala hal yang terkait dengan olahraga, ini harus sekaligus menjadi tempat wisata, lebih menarik jika kita mendapatkan banyak kejuaraan”, harapnya.

Bupati menyinggung perkebunan yang ada di wilayah Lumajang, selain harus menghasilkan manfaat produk juga harus mendatangkan manfaat wisata dan manfaat ekonomi untuk masyarakat sekitar. Hal ini yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, saat ini masyarakat membutuhkan tempat car free day yang luas. Semakin banyak masyarakat yang sudah mendapatkan manfaat dari car free day, salah satunya udara yang bebas dari asap kendaraan bermotor. Penggunaan jalan PB. Sudirman sebagai salah satu lokasi Car Free Day saat ini sedang dalam kajian dari pemerintah, dengan banyak masukan dari beberapa pihak.

Bupati berharap KONI mampu mendukung pemerintah Kabupaten Lumajang mendorong masyarakat untuk semakin sadar akan kebutuhan hidup yang sehat.

Sementara itu, Ketua umum KONI Kabupaten Lumajang Ngateman, S.H., melaporkan bahwa prestasi atlet Lumajang saat ini sudah menunjukkan banyak peningkatan, baik tingkat Provinsi ataupun Nasional. Di tahun 2016 sejumlah 112 atlet meraih penghargaan tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional. Tahun 2017 sampai saat ini sudah 59 atlet, Ketua Umum KONI berkomitmen akan memnfasilitasi semua atlet yang ada di Kabupaten Lumajang. Ketua Umum KONI menyatakan kesiapannya membantu program-program Pemerintah Kabupaten Lumajang.
(Fadli, Mirwan Humas dan Protokol).

________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Peran Koperasi Meningkat 3,9 %
Lumajang, 17 Juli 2017 Upacara Peringatan Hari Koperasi ke 70 dengan tema “Koperasi Kuat, Menjamin Pemerataan Ekonomi, Mewujudkan Keadilan Sosial Di Kabupaten Lumajang”, dilaksanakan di Stadion Semeru, Kabupaten Lumajang, minggu (16/7/2017). Kegiatan tersebut diawali dengan persembahan mars koperasi dan yel-yel koperasi yang dinyanyikan oleh Paduan suara Koprasi Wanita se Kabupaten Lumajang.
Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke-70
(Doc. Humas dan Protokol)
Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam amanatnya Bupati menyampaikan pentingnya peran koperasi dalam membantu kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat,“keterlibatan koperasi ini wajib hukumnya”, ungkapnya. Bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh pengurus koperasi atas dedikasi dan semangatnya dalam mengelola dan mengembangkan koperasi.
Bupati membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Ir.Joko Widodo, Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan, perekonomian tumbuh semakin membaik, semakin sehat daya saing dengan negara lain, inflasi juga terjaga, kesenjangan ekonomi yang diukur dengan rasio diangka 0.394, dan pertumbuhan perekomian kuartal pertama berada pada angka 5,02%, Negara Indonesia berada pada posisi ke-3 terbaik pada kelompok negara G20.
Sumbangan koperasi dalam perekonomian Negara, 3,9% meningkat dua kali lipat dibanding 2,5 tahun yang lalu, namun jumlah tersebut masih jauh dengan negara-negara lain, seperti Prancis yang sudah mencapai 18%.

Banyak sekali contoh koperasi yang sudah sukses sampai saat ini, salah satunya koperasi pondok pesantren salafiyah Sidogiri sudah mencapai perputaran 18 triliyun sampai saat ini. Presiden berharap semua koperasi yang ada di Indonesia bisa menjadikan koperasi yang sudah sukses menjadi contoh untuk mengembangkan koperasi. Koperasi sudah diberikan kesempatan untuk turut serta menyelenggarakan KUR dengan bunga KUR saat ini 9% dan tahun depan akan ditekan lagi menjadi 7%. (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol).
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Kampung Guyub Rukun Terheboh
Lumajang, 17 Juli 2017 Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag menghadiri kegiatan Kampung Guyub Rukun Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, minggu (16/7/2017). Kegiatan yang secara langsung di siarankan oleh tv swasta Jawa Timur tersebut berlangsung meriah. Banyak rangkaian kegiatan menarik, ngetril, ngontel, senam, jalan sehat, lomba tradisional dan hiburan musik dangdut. Desa Kunir Kidul di nobatkan sebagai kampung terheboh oleh JTV.
Bupati berikan hadiah sepeda gunung ke peserta jalan sehat
(Doc. Humas dan Protokol)
Kehadiran Bupati disambut oleh kesenian jaran kencak yang merupakan kesenian asli Lumajang, dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyempatkan diri untuk melihat beberapa kesenian yang ada di Desa Kunir Kidul, diantaranya seni gamelan dan kerajinan batik tulis yang gawangi oleh ibu-ibu Desa Kunir Kidul.
Bupati mengaku senang dan semangat untuk menghadiri kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan itu selain berdampak pada kesehatan jasmani juga berdampak pada hubungan masyarakat yang semakin kompak. Bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang hadir dengan antusias tinggi, “maturnuwon dumateng sedoyo masyarakat”, ujarnya.
Bupati memberikan 2 buah sepeda gunung untuk dijadikan sebagai hadiah utama dalam pengundian kupon jalan sehat. Bupati berharap siapapun yang mendapatkan hadiah harus menggunakan hadiah tersebut dengan baik, sehingga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, dan bagi yang belum mendapatkan hadiah supaya tetap bersyukur.

Bupati juga mengungkapkan diraihnya penghargaan yang diterima oleh istrinya, Ny. Tutuk As’at pada kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV di Bandar Lampung, yaitu,  penghargaan Manggala Karya Kencana dari pemerintah pusat. Penghargaan itu diberikan,  karena dinilai perannya dalam membantu program KB di Kabupaten Lumajang, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk “nduwe anak pun katah-katah, cukup kale, cuma mpun kadung kudu dirawat kanti sae (punya jangan banyak-banyak, cukup dua, Cuma kalau terlanjur harus dirawat dengan baik)”, ujarnya. (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol).
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Sertijab 14 Pejabat

Lumajang, 17 Juli 2017 Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes., bertindak sebagai inspektur upacara dan sekaligus sertijab 14 pejabat di halaman Pemerintah Kabupaten Lumajang. Senin, (17/7/2017).

Wakil Bupati laksanakan sertijab saat upacara bendera
(Doc. Humas dan Protokol)
Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan serah terima jabatan sebagai tindak lanjut pelantikan 12 juli 2017. Serah terima jabatan itu, diikuti oleh 14 jabatan, dengan rincian 13 Camat dan 1 Lurah yaitu, Camat Lumajang Paimin, AP.MM. digantikan Drs. Rasmin, Camat Senduro Drs. Rasmin digantikan Drs. Nanang Tedjo Lelono, Camat Randuagung Drs. Hariyono digantikan Abdul Basar, SH., Camat Sukodono Abdul Basar, SH. digantikan Indra Wibowo Leksana, S.Sos, MM., Camat Jatiroto Indra Wibowo Leksana, S.Sos, MM. digantikan Matali Bilogo, S.Sos., Camat Yosowilangun Drs. Imam Fatoni digantikan Yonie Nurcahyono , S.STP., Camat Tekung Dinuk Iswahyuningsih digantikan Drs. Dedwi Suprapto, M.Si., Camat Pronojiwo Drs. Dedwi Suprapto, M.Si. digantikan Drs. Soehendro Boedi Prasetyo, Camat Kedungjajang Agus Budianto, S.STP. digantikan Dondy Suharto, S.IP, M.Si., Camat Sumbersuko Dondy Suharto, S.IP, M.Si. digantikan Indriono Krishna Murti, AP., Camat Padang Indriono Krishna Murti, AP. digantikan Trikondo Cahyono, S.Sos., Camat Tempeh Trikondo Cahyono, S.Sos. digantikan Yoga Pratomo, S.STP., Camat Candipuro Yoga Pratomo, S.STP. digantikan Erik Kurniawan Satrio Andy Putro, S.STP., Lurah Ditotrunan Arif Heri Kurniawan, S.IP. digantikan ABD. Ghofar.

Wakil Bupati Lumajang berharap kepada para pejabat yang telah telah SERTIJAB agar segera melakukan koordinasi dan konsilidasi baik organisasi intern maupun ekstern, harus mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melakukan upaya-upaya inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan yang berindikasi pada pencapaian kinerja pemerintahan Kabupaten Lumajang yang lebih baik.  “Selamat kepada pejabat baru dan terimakasih kepada pejabat lama yang telah mengemban amanah dan tanggung jawab yang baik”, ujar Wakil Bupati Lumajang.

Lebih jauh, Wakil Bupati mengatakan bahwa SERTIJAB ini merupakan hal biasa, jangan dijadikan polemik terus-menerus dan itu semua merupakan amanah dari masyarakat. Diharapkan kedepannya lebih baik dan harus bisa membedakan dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan politis. (Dika, Mirwan  Humas dan Protokol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...