Selasa, 12 September 2017

13 - 9 - 2017 Press Release Humas dan Protokol


PRESS RELEASE
Bupati Optimis Lumajang Dapat Predikat Kabupaten Sehat
Suasana Panti PKK
Lumajang, 13 September 2017—  Bupati Lumajang, Drs. As'at, M.Ag., mengaku optimis, Lumajang akan mendapat predikat sebagai Kabupaten Sehat, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan bupati saat  menerima kedatangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat  tingkat nasional di gedung Panti PKK, selasa malam (12/9/2017).
Bupati mengungkapkan, Lumajang sudah ke 5 kalinya mengikuti penilaian kabupaten/kota sehat dan sudah 4 kali menerima penghargaan,. ''insyallah kita sudah siap menerima penghargaan'', ujarnya. Menurutnya banyak sekali faktor yang mendukung Lumajang untuk menjadi kabupaten sehat, beberapa penghargaan sebelumnya seperti adipura, Kabupaten Layak Anak, Rumah Sakit Layak Anak, Manggala Karya Kencana, serta beberapa penghargaan lain dibidang lingkungan maupun kesehatan.
Bupati saat memberikan sambutan
Bupati juga menyampaikan banyak inovasi lingkungan, salah satunya pengelolaan Kali Temi. Kali Temi dulunya kotor dan banyak orang yang menggunakan sebagai MCK umum, sekarang sudah berubah menjadi lingkungan yang bersih dan tidak ada masyarakat yang ''jongkok'' buang air besar. Saat ini,  kali temi telah dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi dan tempat budidaya ikan dengan keramba, karena dengan air bersih yang mengalir akan menjadikan ikan berkualitas.
Sementara itu, Ketua tim verifikasi pusat, Nevy Rinda Nugraini menyampaikan sampai saat ini sudah 173 Kabupaten/kota dari 26 provinsi yang sudah di verifikasi. Ia mengaku tertarik dengan potensi-potensi yang ada di Lumajang, baik potensi pariwisata, industri UMKM dan sumber daya manusianya. Ia juga menyampaikan salah satu kriteria penilaian adalah inovasi ''jangan bosan memberikan inovasi-inovasi lainnya, karena itu salah satu kriteria kabupaten/kota sehat'',ujarnya. Beberapa hal yang semapat menarik perhatiannya adalah ojek darah, susi (suami siaga), angkot gratis yang juga bermanfaat untuk pengurangan pencemaran udara, kampung kelor. Ia berharap nantinya Lumajang mampu meningkatkan inovasi dan tidak berhenti untuk berinovasi.
Dipihak lain, Ketua Forum Lumajang Sehat,  DR. Mokhamad Hariyadi Eko Romadon, S.Sos., M.Si memaparkan beberapa inovasi yang sudah dilakukan di Kabupaten Lumajang, ia  menyampaikan Lumajang akan terus berkomitmen menjadikan Lumajang sehat, sejahtera dan bermartabat. “Lumajang harus beda dan berciri, seperti inovasi-inovasi yang ada di masing-masing OPD, salah satu inovasi yang ada di sekolah, ada Buku Anak TERHEBAT (Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat, ini untuk menanamkan perilaku hidup sehat sedini mungkin,” ujarnya.

Tim verifikasi tersebut dalam rangka penilaian dan meninjau kelayakan Kabupaten Lumajang untuk menjadi kabupaten/kota sehat. Tim Verifikasi terdiri dari unsur Kementerian KLHK, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol).



---------------------------------------------------------------------------------------------
Bupati Klarifikasi Berita Viral di Medsos
Lumajang, 13 September 2017—  Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M. Ag., meluruskan berita di media sosial (medsos) yang viral tentang memperingati HUT RI ke 72 di Kabupaten Lumajang sejak beberapa hari terakhir. Klarifikasi bupati itu disampaikan saat menerima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dari Pusat di Peringgitan, Selasa malam (12/09/2017).
Sebagian masyarakat menyoroti banyaknya sampah berserakan di sepanjang jalan protokol di ibukota Kabupaten Lumajang usai kegiatan karnaval.  Di sepanjang jalan PB. Sudirman sampai Jalan Ahmad Yani kotor usai ditinggalkan pengunjung. Hal inilah yang menyita perhatian masyarakat, ada beberapa masyarakat yang memfoto dan mempostingnya di media sosial, sehingga menjadikan viral di media sosial.
Menyikapi hal itu, Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., mengklarifikasi tentang beredarnya berita tersebut di sela – sela sambutannya saat menerima kunjungan tim verifikasi kabupaten/kota sehat nasional di Panti PKK Kabupaten Lumajang, selasa malam (12/9/2017). 
Menurutnya kejadian tersebut haruslah menjadi pelajaran dan pengalaman bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, agar  kegiatan selanjutnya, semakin baik. Sebenarnya, dalam kenyataan setelah karnaval usai, pasukan orange sudah siap membersihkan sampah. Namun, banykanya sampah yang ditinggalkan pengunjung, tidak seimbang dengan jumlah pasukan orange.  Ke depan orang yang meninggalkan sampah dengan orang yang memungut sampah, harus lebih siap yang memungut sampah”, ujarnya.
Bupati menyampaikan terima kasih kepada pasukan orange dari Dinas Lingkungan Hidup, yang sudah bekerja keras menciptakan kebersihan khususnya di wilayah kota, apalagi seusai pelaksanaan karnaval banyak sampah yang ditinggalkan sehingga menimbulkan polemik di masyarakat, namun pasukan orange menjawab dengan kerja keras sehingga sampah sudah hilang dalam waktu yang singkat. 
Berkait dengan kesalahan dalam penilaian peserta karnaval, bupati juga menyampaikan perihal penilaian juara lomba karnaval, hal tersebut merupakan kesalahan ketik dari panitia, Bupati juga sudah meminta panitia untuk mengklarifikasi kesalahan tersebut. (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol).




---------------------------------------------------------------------------
PRESS RELEASE
Bupati: Pastikan Pilkada dan Pilkades Aman
Bupati menyampaikan sambutan
Lumajang, 13 September 2017—  Bupati Lumajang Drs. As’at M.Ag.,  berpesan agar hasil pembangunan berdampak positif. Itu sebabnya, potensi yang ada harus dimaksimalkan . Situasi dan kondisi harus terjamin ketenangan, ketertiban dan ketentramannya. Bahkan, Negara harus hadir  untuk menjaminnya. Apalagi, menjelang Pilkada dan Pilkades, maka harus dijamin aman dalam setiap tahapannya. Hal itu disampaikan bupati saat membuka resmi acara Komunikasi Aktif Tiga Pilar Desa, siap menghadirkan wilayah damai komunikasi aktif antara Pemkab-Pemdes di Pendopo Agung Kabupaten Lumajang. Rabu, (12/09/2017). 
Komunikasi aktif ini bertemakan “Siap Menghadirkan Wilayah Damai” yang dihadiri sekitar kurang lebih 615 orang. Pemateri komunikasi aktif tiga pilar desa Kapolres Lumajang dan Dandim 0821 Lumajang.
Lebih jauh lagi Bupati Lumajang menyampaikan, Forkopimda bersama DPRD dan seluruh kekuatannya, kawan-kawan di kecamatan bersama Camat, Kapolsek dan Kepala Desa, Babinsa dan Babinkantibmas agar ikut menjaga ketentraman dan keamanan Kabupaten Lumjang.
Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H. Agus Wicaksono S.Sos menyampaikan, dalam penyelenggaraan pemerintah sebagai perwujudan komunikasi aktif pemerintah kabupaten dan pemerintah desa, tujuannya untuk menciptakan pertahanan serta ketentraman dan ketertiban masyarakat. Babinsa adalah aparat pembina hamkamnas dan babinkamtibnas sebagai penegak hukum di wilayah desa. Tiga pilar ini adalah link bagi negara dan bangsa utuk siap menghadirkan wilayah damai. Ketua DPRD mempercayakan babinsa dan babinkamtibnas untuk menjaga stabilitas menjelang pilkades. Menurutnya, pilkades perlu difokuskan yang kemungkinan masih ada perselisihan antarcalon kades, dan berlaku pula pada pilkada dan pilgub. Selain itu, ketua DPRD menegaskan intoleransi dan ideologi nasional saat ini berwarna merah namun khusus daerah Lumajang perlu diapresiasi karena tidak terjadi di Lumajang. Hal ini merupakan hasil sinergitas dan kerjasama untuk menjaga potensi Kabupaten Lumajang.
Kabag Administrasi Setda Pemkab Lumajang, Agus Budianto, S.STP., melaporkan tujuan kegiatan tersebut sebagai berikut, pertama, menyikapi kesiapan, cegah dini, deteksi dini, dan mengantisipasi guna memperlancar penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat menjelang pilkades di akhir tahun 2017, pilkada dan pilgub dipertengahan tahun 2018, dan pilkades serentah 158 desa, pilpres, dan pilleg di tahun 2019. Kedua, saling memberikan informasi, usulan, saran, pendapat, keluhan, dan harapan. (Mel-Halimah/Fila, Mirwan Humas dan Protokol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...