Senin, 16 Oktober 2017

16 Oktober 2017 - Press Release Humas dan Protokol

PRESS RELEASE
Wabup : Jargon I Like Lumajang Bukan Politisasi
Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus IARMI
Lumajang, 16 Oktober 2017Jargon “I Like Lumajang”, bukan politisasi. Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M. Kes., saat menghadiri kegiatan Pelantikan dan pengukuhan pengurus IARMI (Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia) periode 2017-2021, di Pendopo Kabupaten Lumajang, Sabtu (14/10/2017).
Wabup mengaku bahagia karena baru pertama kali mengikuti pelantikan dan pengukuhan IARMI. Wabup menceritakan pengalamannya menjadi bagian dari keluarga Menwa dan mengaku bangga pernah menjadi bagian dari Menwa, Ia mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IARMI, ''setelah dilantik harus berjuang'', pungkasnya.
Pada kesempatan tersebut, Wabup menjelaskan bahwa jargon I like Lumajang bukan untuk dipolitisasi, namun untuk semangat mempersatukan masyarakat, menjadi satu yel-yel yang membakar semangat untuk mencintai Lumajang. Wabup berharap para IARMI dapat berkontribusi dan dapat memberikan masukan kepada pemerintah Kabupaten Lumajang untuk pembangunan Lumajang yang lebih baik.
Sementara itu, Ketua DPP Jatim, Rommel Sihole, S.H, berharap dengan adanya IARMI Lumajang dapat membantu masyarakat dalam setiap kegiatan khususnya yang memerlukan tenaga IARMI. ''Saat ini kita harus siap menghadapi proxy war, perang yang tidak nyata dengan mengikis kecintaan masyarakat kepada Indonesia'',pungkasnya.

''Alumni Menwa tidak perlu diragukan merah putihnya'' ujar DR. M. H. Eko Romadon, S.Sos.,M.Si, selaku Ketua terpilih IARMI periode 2017-2021. Ia juga menyatakan siap membantu program pemerintah Kabupaten Lumajang.''Saya Berharap Lumajang bisa lebih maju dan berkembang siap membantu program-program pemerintah Kabupaten Lumajang'', pungkasnya. (Fadli, Mirwan Humas dan Protokol)
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
1 Muharrom Hari Raya Anak Yatim
Ketua TP PKK berikan sambutan saat istighosah dan manaqib
Lumajang, 16 Oktober 2017— Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Hj. Tutuk As'at, memberikan santunan kepada anak yatim yang berjumlah 40 orang dalam acara Istigotsah dan Manaqib, di Balai Desa Karanganom Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Minggu, (15/10/2017). Kegiatan tersebut dalam rangka Menyambut Tahun Baru Islam dan Santunan Anak Yatim.
Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Hj. Tutuk As'at, menyampaikan bahwa bulan 1 Muharrom adalah bulan pertama di kalender islam. Memperingati tahun baru islam ini merupakan hari raya anak yatim. tahun baru islam yaitu bulan yang sangat mulia. Oleh karena itu saat tahun baru islam masyarakat banyak yang melakukan selamatan dengan tumpengan yang dimakan bersama - sama.
Lebih jauh, dijelaskan bahwa menyantuni anak yatim sebenarnya bukan hanya di bulan 1 muharrom  saja, tetapi di bulan - bulan lain juga boleh. Karena menyantuni anak yatim merupakan wujud kita untuk mensyukuri rezeki yang sudah kita terima. "Semoga anak - anak yatim yang kita santuni bisa menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa", harapnya.
Ketua panitia, Indi Nurmalasari, berterima kasih atas terselenggarakannya istigotsah dan manaqib tersebut, kegiatan ini atas dasar ibu - ibu dan jama'ah pengajian Desa Karanganom.
Turut hadir, Camat Pasrujambe, Camat Senduro, Forkopimca, Kepala Desa Karanganom Subakar. Tokoh Masyarakat / Agama dan RT / RW serta Jama'ah Muslimat se- Desa Karanganom. (Dika, Mirwan Humas dan Protokol).
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Peresmian Masjid An-Nur
Lumajang, 16 Oktober 2017— Bupati Lumajang Drs. H. As'at, M.Ag., Meresmikan Masjid An - Nur di Dusun Pondoksari Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Jum'at malam, (13/10/2017).
Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan pemukulan bedug dan pengguntingan melati. Dalam kesempatan tersebut Bupati Lumajang juga memberikan santunan kepada anak yatim yang berjumlah 25 orang dan santunan kematian berjumlah 74 dengan simbolis 5 orang.
Bupati Lumajang Drs. H. As'at, M.Ag., menyampaikan bahwa pembangunan masjid An-Nur atas dasar kebersamaan. Dengan pembangunan masjid merupakan salah satu upaya umat islam untuk menjaga hubungan antar manusia dan hubungan manusia dengan Allah.
"Diharapkan dengan terbangunnya masjid An-Nur semoga almarhum amalannya dicatat sebagai amal jariyah dan memberi manfaat bagi masyarakat Kaliboto Kidul", ungkapnya.
Kepala Desa Kaliboto Kidul, Hendrik, mengucapkan selamat datang kepada Bupati Lumajang beserta rombongan. Semoga dengan terbangunnya masjid An-Nur masyarakat Kaliboto Kidul bisa meningkatkan sholat berjama'ahnya.
Selaku perwakilan dari ketua panitia pembangunan masjid atau tuan rumah, Drs. Agus Kholik, MA., berterima kasih kepada Bupati Limajang yang telah meresmikan masjid An-Nur yang berada di Desa Kaliboto Kidul.
Ia juga melaporkan bahwa pembangunan masjid tersebut dibiayai oleh keluarga besar Alm. H. Muhammad Nur Saher dengan menghabiskan dana kurang lebih 2 M. Pembangunan masjid tersebut pada tanggal 30 september 2016 dan selesai 10 mei 2017. Masjid tersebut didirikan karena wasiat orang sepuh atau orang tua dari almarhum keluarga, Dengan tujuan masyarakat Desa Kaliboto Kidul  merasa nyaman untuk melaksanakan ibadah. (Dika, Mirwan Humas dan Protokol).
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Bunda PAUD : Jangan Abaikan Usia Emas
Bunda Paud menyerahkan piala serangkaian lomba Gebyar Paud
Lumajang, 16 Oktober 2017-- Bunda PAUD Kabupaten Lumajang, Ny. Tutuk Fajriatul Mustofia, S.H., membuka acara Gebyar PAUD dan kelompok bermain se- Kecamatan Lumajang yang ditandai dengan pengguntingan balon. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (14/10/2017). Gebyar PAUD kali ini bertemakan Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini yang bertempat di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang. Sebelum acara dimulai, anak-anak kelompok bermain dari menampilkan devile baju adat nusantara.
Bunda PAUD Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa usia dini itu usia emas. Hal tersebut patut digunakan sebaik mungkin oleh orang tua untuk mengarahkan bagaimana karakter dan masa depannya. Disamping itu, Ketua Forum Bunda PAUD Kabupaten Lumajang mengapresiasi devile baju adat yang dipamerkan oleh anak-anak KB.
Dalam kesempatan itu, Bunda PAUD menyampaikan bahwa wajib hukumnya memberikan sarapan kepada putra putrinya. Bunda PAUD berpesan agar anak-anak harus berkarya dan berkontribusi bagi lingkungan sekitar. Karena nantinya anak-anak yang meneruskan perjuangan kita dan bisa berguna bagi nusa dan bangsa dimana saat ini persaingan global makin ketat.
Siti Roidah, S.Pd., selaku panitia melaporkan tujuan kegiatan tersebut yaitu menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini dan mendambakan enam aspek dalam pendidikan kelompok bermain. Ada beberapa lomba yaitu mewarna, cipta dan baca puisi, membuat hiasan dari bahan alami yang telah dilaksanakan sejak 25-30 September 2017. Di sisi lain, devile pakaian adat menampilkan 29 provinsi di nusantara.
Di akhir acara, Bunda PAUD mengikuti senam potong bebek angsa yang dilakukan oleh anak-anak paud dan KB yang dilanjutkan meninjau lomba mewarnai yang dilaksanakan oleh anak-anak paud serta penyerahan pemenang lomba dalam serangkaian acara gebyar paud. (Mel, Mirwan HUMAS DAN PROTOKOL)
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Dukung Program Santunan Anak Yatim
Ketua Muslimat NU sambutan saat Gebyar Sholawat Kec. Tempeh
Lumajang, 16 Oktober 2017Ketua Mulismat Kabupaten Lumajang, Ny. Tutuk Asʻat menghadiri Gebyar Sholawat al banjari dan santunan anak yatim muslimat NU, Gerakan Pemuda Ansor dan Fatayat NU Kecamatan Tempeh dalam rangka PHBI 1439 H, Harlah Ansor ke 86, di gedung NU Kecamatan Tempeh, minggu (15/10/2017). Dalam kesempatan tersebut juga di lantik pengurus anak cabang Fatayat NU Tempeh.
Ny. Tutuk berharap semoga kegiatan ini bermanfaat, ia juga mengucapkan selamat atas di lantiknya pengurus yang baru. Ia juga berharap pengurus Fatayat dapat membagi waktu antara organisasi dan keluarga. Ia juga meminta kepada pengurus yang baru agar memberikan kontribusi kepada NU.
Ia menyampaikan Ibu-ibu muslimat memiliki potensi dalam mengaji dan , hal itu dibuktikan dengan kegiatan khotmil qurʻan, qoriʻ, dan cerdas cermat islam yang dilaksakan di Pendopo pada waktu yang lalu.''siapapun yang menjadi pengurus muslimat harus belajar fiqih khususnya tentang wanita'', pungkasnya.
Pihaknya mendukung kegiatan pemberian santunan anak yatim yang dilakukan setiap bulan muharam yang dilakukan oleh Ibu-ibu muslimat. “namun terlepas dari itu, untuk bersodaqah tidak hanya dilakukan saat bulan muharam, tapi juga diusahakan setiap hari”, pungkasnya.Ny. Tutuk juga mengajak Ibu-ibu muslimat untuk turut mensukseskan program program pemerintahan, seperti halnya kampanye imunisasi MR pada waktu yang lalu.
Sedangkan, Camat Tempeh, Yoga Pratomo,STTP., mengapresiasi kegiatan santunan anak yatim, menurutnya sekecil apapun pemberian atau shodaqoh akan bermanfaat bagi sesama, apalagi bagi anak yatim. Ia berharap kegiatan ini akan terus dilakukan untuk membantu sesama ''karena sebagaian harta kita adalah hak mereka'', pungkasnya.
Sementara itu, Ketua panitia, Imron melaporkan kegiatan ini adalah salah satu rangkaian peringatan hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 oktober. Selain itu, program santunan anak yatim akan terus dilakukan rutin. Kedapn akan diberikan kartu donatur. Diharapakan dengan adanya santunan anak yatim dapat membantu pendidikan anak-anak yatim yang ada di kecamatan tempeh. Kali ini santunan anak yatim sejumlah 70 orang. Kegiatan ini terlaksana karena adanya kerja sama masyarakat dengan pengurus muslimat, fatayat dan GP Ansor.(Fadli, Mirwan Humas dan Protokol)
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Memperkenalkan Rukun Islam ke-5 Sejak Dini
Bupati sambutan saat Manasik Haji di Kec. Sumbersuko
Lumajang, 16 Oktober 2017— Bupati Lumajang Drs. H. As'at, M.Ag., membuka kegiatan Manasik 2017 di Lapangan Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Sabtu, (14/10/2017).
Bupati Lumajang Drs. H. As'at, M.Ag., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan pengenalan rukun islam ke 5 bagi anak - anak usia dini. Bupati berharap dengan kegiatan tersebut anak-anak bisa mengikuti pelatihan manasik haji dengan baik. Mudah - mudahan kegiatan manasik haji ini kedepannya bisa memotivasi guru dan para orang tua yang mendampingi agar bisa melaksanakan rukun islam yang ke- 5 apabila sudah mampu melaksanakannya.
"Manasik haji kali ini para guru harus bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang apa manasik haji, lempar jumroh dan fungsi keberadaan ka'bah", ungkapnya.
Ketua panitia, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang rukun islam yang ke-5 dan mengetahui bagaimana tata cara serta proses melaksanakan ibadah haji yang benar menurut islam. Agar nantinya para anak didik menjadi anak yang berakhlaqul karimah dan patuh kepada orang tua serta berguna bagi bangsa dan negara.
Para peserta antusias mengikuti berbagai kegiatan rukun haji, seperti tawaf, melempar jumroh, sa'i dan tahalul. Selain peserta, para orang tua maupun guru pendamping juga antusias melihat anak didiknya melaksanakan rukun haji. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dan Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA). Manasik haji tersebut diikuti oleh seluruh Taman Kanak - Kanak (TK) se-Kecamatan Sumbersuko.
Turut hadir Camat Sumbersuko, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Kepala Desa se-Kecamatan Sumbersuko dan FORKOPIMCA. (Dika, Mirwan Humas dan Protokol).
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
Bupati Bagikan Bantuan Dana Khusus
Lumajang, 16 Oktober 2017Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., didampingi Ny. Tutuk As’at menghadiri kegiatan pengajian dan santunan anak yatim dan fakir miskin di Desa Kali Penggung, Kecamatan Randuagung, sabtu (14/10/2017). Dalam kesempatan tersebut diserahkan sejumlah santunan kematian, santunan anak yatim dan santunan fakir miskin. Bupati juga meresmikan pembangunan Jalan sepanjang 1,2 KM.
Disela taushiyahnya, Bupati berharap dengan diadakanya acara ini semoga masyarakat diberi kesehatan dan diterima semua segala amal untuk membantu sesama yang membutuhkan. Bupati menyampaikan pemberian dana bantuan khusus oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang guna pembangunan jalan sebanyak 150 juta kepada masyarakat kalipenggung adalah program pemerintah dan akan dilanjutkan kepada desa desa yang membutuhkan bantuan di Kabupaten Lumajang.
Ia menambahkan ditahun depan akan dianggarkan lagi oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memberikan bantuan ambulan sebanyak 33 unit kepada desa desa yang belum mendapatkan ambulan desa.Bupati berpesan agar mempergunakan fasilitas yang telah diberikan pemerintah untuk kepentingan umuum, agar masyarakat mendapatkan manfaat dan program pemerintah terwujud tepat sasaran.
Sementara itu, Ketua Muslimat, Fatayat Kab. Lumajang Ny. Tutuk As'at mengaku bangga atas peran yang dilakukan oleh ibu-ibu muslimat fatayat, ia juga berharap kegiatan ini akan terus dilakukan rutin tiap tahunnya, bahkan harus diagendakan agar anak yatim dan fakir miskin bisa merasakan kesejahteraan, “Saya sangat bangga terhadap ibu muslimat fatayath desa kalipenggung yang rukun dan guyup dalam menyelenggarakan acara ini setiap tahunnya untuk memberikan santunan anak yatim dan fakir miskin”. Ujarnya. Ia menjelaskan tujuan Muslimat dan Fatayath untuk memberikan ilmu kepada ibu-ibu agar dapat membawa keluarga sesuai dengan ajaran agama islam.
Selain itu, Kades Kalipenggung, Hader, menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati Lumajang beserta rombongan. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Muslimat Fatayat yang telah melaksanakan bantuan fakir miskin dan anak yatim piatu. Ia berharap Semoga acara ini bisa diselenggarakan setiap tahunya dan tidak terputus di tahun ini dalam memberikan santunan kepada saudara kita semua yang membutuhkan bantuan. Kades juga menyampaikan, pihaknya kami telah melaksanakan pembangunan jalan yang berada di depan kantor Kades Kalipenggung dari program bantuan Pemerintah Lumajang dan “kami mewakili masyarakat kalipenggung mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang membantu pembangunan di desa”, pungkasnya.(Fadli, Mirwan Humas dan Protokol)
________________________________________________________________________
PRESS RELEASE
MTQ Lansia dan Cerdas Cermat Muslimat NU
Lumajang, 16 Oktober 2017— Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Ny. Hj. Tutuk As'at, membuka kegiatan Lomba MTQ Lansia dan Cerdas Cermat. Jum'at, (13/10/2017),
Kegiatan tersebut dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2017, yang  diselenggarakan oleh  PC. Muslimat NU Lumajang. Peserta lomba merupakan pengurus muslimat semua kecamatan di Kabupaten Lumajang.
Ketua PC. Muslimat NU Lumajang Ny. Hj. Tutuk As'at, berterima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut, karena dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa mengingatkan ibu- ibu akan pentingnya bisa membaca al-qur'an dan wawasan umum. Tujuan awal lomba MTQ pada menanamkan dan menyegarkan kembali rasa cinta kita kepada al-qur'an.
Dihimbau kepada pengurus muslimat harus selalu konsekuen dan harus selalu bisa membaca al-qur'an dengan baik. Karena setiap ada pengajian selalu sulit mencari orang yang mau menjadi Qori'ah. Untuk cerdas cermat diharapkan semua pengurus muslimat mengerti akan ahli sunnah waljamaah dan syariat islam.
Ketua panitia Hj. Istiqomah, menjelaskan bahwa hari santri yang setiap tahunnya dilaksanakan tepat pada tanggal 22 oktober. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali ibu-ibu akan pentingnya membaca al'quran dan bisa diamalkan kepada masyarakat umum. Dan untuk peserta lomba MTQ dan Cerdas cermat kali ini berjumlah 42 orang se-Kabupaten Lumajang. (Dika, Mirwan Humas dan Protokol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...