Senin, 09 Oktober 2017

9 - 10 - 2017 Press Release Humas dan Protokol



PRESS RELEASE
Gebyar Lumajang Sejahtera dan Bermartabat
Lumajang, 9 Oktober 2017 –Pemerintah Kabupaten Lumajang menunjukan komitmen melalui Gebyar Lumajang Sejahtera dan Bermartabat 2017.Kegiatan ini sangat meriah, karena tidak hanya dihadiri pejabat yang ada di Kabupaten Lumajang, tetapi, juga dihadiri seluruh Forkopimda se Baperwil V Jember. Sebagai mana diketahui, Baperwil V itu terdiri dari Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan tersebut berlangsung tanggal 7-8 Oktober 2017, dengan rangkaian Ruwatan Massal dan Pagelaran Wayang Kulit, Silaturahim Forkopimda se Baperwil V Jember, Festival dan Nyeruput Bareng Kopi Lereng Semeru.
Bupati Lumajang membuka kegiatan gebyar lumajang sejahtera dan bermartabat 2017
Bupati Lumajang, Drs. As'at, M.Ag.,saatmembukaacara Festival dan Nruput bareng Kopi Lereng Semeru, Sabtu (07/10/2017), menyampaikan, bahwa kolesem merupakan produk kopi Lumajang.Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk hasil bumi Lumajang, khususnya kopi asli Lereng Semeru Kabupaten Lumajang. Bupati berharap masyarakat Lumajang dapat menikmati kopi asli. Ia juga menyampaikan 2-3 bulan yang lalu pihaknya telah mencanangkan panen 4000 hektar kopi di KecamatanPasrujambe.“Yang menjadi PR kedepan, produk kopi Lumajang harus mendapatkan tempat dihati masyarakat diseluruh daerah”, ujarnya.
Sementara itu, Ketua Bakorwil V Jember, R. Tjahyo Widodo, SH. M. Hum., mengapresiasi program Pemerintah Kabupaten Lumajang, Ia mengaku bersyukur dan bangga dapat hadir ditengah masyarakat Lumajang.
Disisi Lain, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Agus Wicaksono, S. Sos., menyampaikan 42 prestasi yang diperoleh Pemerintah Lumajang baik, regional maupun nasional merupakan kerja keras dan kerja sama, sinergitas Eksekutif, Legeslatif serta semua elemen masyarakat, ''Sinergitas ini harus dipertahankan'', ujarnya.
Plt. Sekda Kabupaten Lumajang, Drs. Nurwakit Aliyusron, M.Si., melaporkan kegiatan ini merupakan wujud sinergitas kinerja masyarakat Lumajang bersama Pemerintah Lumajang dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bermartabat. Ia menyampaikan akan ada 1255 cangkir kolesem yang akan disajikan, kegiatan ini didukung oleh seluruh pengusaha kopi dan cafe yang ada di Lumajang sejumlah 37. (Fadli, MirwanHumas dan Protokol)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PRESS RELEASE
Penyusunan Penataan Dapil dan Verifikasi Parpol Diibahas di Lumajang
Lumajang, 9 Oktober 2017 – Raker KPU se- Jawa Timur di Lumajang dalam rangka Penyusunan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu Legislatif Tahun 2019.  KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se- Jawa Timur dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, di Aula BKD Kabupaten Lumajang, Jumat (06/10/2017).
Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai 7 Oktober 2017. Dari 38 kabupaten/kota se- Jawa Timur, masing-masing membawa sejumlah tiga perwakilan dengan jumlah total 114 orang.  Raker ini juga membahas beberapa hal, salah satunya mengenai verifikasi parpol, logistik, pembagian dapil dan jumlah kursi.
Wakil Bupati, dr Buntaran Supriyanto, M. Kes.,  menyambut para peserta raker dengan mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Lumajang. Wakil Bupati sendiri mengaku turut senang dan bangga karena baru pertama kali kegiatan KPU se- Jawa Timur diadakan di Lumajang. Wakil bupati meminta maaf karena persediaan hotel di Lumajang masih kurang dan ketidaknyamanan berada di Lumajang. Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini KPU Lumajang sedang sibuk mempersiapkan Pilkada 2018 mendatang. Saat ini juga sedang berlangsung verifikasi penelitian administrasi parpol.
Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, S.H., M.H., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan respon beberapa tahapan pemilihan yang sudah dijalankan. Di Lumajang mempunyai tiga pemilihan yang berhimpitan, yakni pilkada, pilgub, dan pilpres. Saat ini secara bersamaan dengan verifikasi parpol, juga akan dibentuk badan ad hoc pemilihan.
Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah juga turut bangga karena Lumajang dijadikan tuan rumah dalam rangka kegiatan KPU Provinsi yang diadakan pertama kalinya. Beliau menyampaikan kepada seluruh peserta raker bahwa tanggal 4 Oktober 2017 kemarin telah memilih ‘kuda kencak’ sebagai mascot Pilkada Lumajang yang akan launching 18 November 2017 mendatang.
Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, Muhammad Eberta Kawima melaporkan kegiatan ini berkaitan dengan pendaftaran dan verifikasi parpol guna persiapan pemilihan legislative tahun 2019. Raker yang dilaksanakan ini merupakan lanjutan raker yang dilaksanakan oleh KPU RI. (Mel, Mirwan Humas dan Protokol)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PRESS RELEASE

Lumajang Nyurupur Bareng 1255 Gelas Kopi Kolesem

Bupati memberikan piala kepada para juara
Bupati Lumajang Drs. H. As'at, M.Ag., menyerahkan hadiah kepada pemenang Festival Kopi Lumajang 2017 dan Nyuruput Bareng Kopi Lereng Semeru (KoleSem), di Alun - Alun Kabupaten Lumajang. Minggu, (8/10/2017).
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Silaturrahmi FORKOPIMDA se-BAPERWIL V Jember, Ruwatan Massal dan Pergelaran Wayang Kulit dan Festival dan Lumajang Nyuruput Bareng Kopi Lereng Semeru (KoleSem). diselenggarakan mulai tanggal 7 - 8 Oktober 2017.
Dalam sambutannya Bupati Lumajang Drs. H. As'at, M.Ag., mengucapkan selamat kepada para pemenang Festival Kopi Lumajang. Ini semua bukti rasa cinta kita wujudkan kepada Kabupate Lumajang dan jajaran Forkopimda se-Baperwil V Jember yang telah merasakan rasa kopi lereng semeru. Kopi yang kita sajikan akan membawa pengaruh positif karena kopi mengandung cafein.
Bupati bersama tamu undangan nyeruput kopi bareng
Lebih jauh, Bupati juga menjelaskan tentang angka 1255, yang merupakan tahun lahirnya Kabupaten Lumajang. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut penikmat kopi atau pemilik kopi kedepannya akan semakin berkembang dan bisa membawa Lumajang semakin maju. kita pikirkan Kabupaten Lumajang agar tetap dicintai oleh semua elemen masyarakat yang ada di Jatim dan semakin di minati oleh para pengunjung.
"Mugi - mugi petani kopi sehat walafiat", ujar Bupati Lumajang. Diakhir acara Bupati melanjutkan dengan Nyuruput Kopi Lereng Semeru bersama.
Kepala Dinas Pertanian Ir. Paiman, mengatakan kegiatan tersebut merupakan sebuah keseimbangan ekonomi produktif dan kemanusiaan. Untuk kopi Lumajang masuk catatan luar biasa, dalam arti sebagai titik awal kopi  Lumajang yaitu KoleSem. "Kita harus selalui mencintai hasil bumi Lumajang dan brenz kolesem harus masuk diseluruh Nusantara.", ungkap Kadin Pertanian.
Beberapa pemenang Festival Kopi Lumajang 2017 meliputi,
Uji citarasa kopi tingkat kelompok petani yaitu,
Juara 1, Kelompok Tani Mawar, Kecamatan Pasrujambe, jenis kopi Robusta, nilai 84,75.
Juara 2, Kelompok Tani Barokah, Kecamatan Pandansari, jenis kopi Excelsa, nilai 84,42.
Juara 3, Kelompok Tani Buana Satar, Kecamatan Kandangan, jenis kopi Robusta, nilai 83,83.
Produsen Kopi Bubuk dan/atau cafe (lomba Roasting atau sangrai biji kopi) yaitu,
Juara 1, Kopi sangrai nomor 1, Identitas "Tombo Kepingin". Nilai 74,03.
Juara 2, Kopi sangrai nomor 9, Identitas "KASKOPI" Kopi Asli Kota Pisang.  Nilai 73,89.
Juara 3, Kopi sangrai nomor 5, Identitas "Biji 5, Bungkus Hijau". Nilai 73,21.


Produsen Kopi Bubuk / Cafe (lomba Seduh Kopi oleh Barista atau Penyaji) yaitu,
Juara 1, hasil seduhan stan cafe / warung kopi nomor 32, nilai 79,42.
Juara 2, hasil seduhan stan cafe / warung kopi nomor 33, nilai 78,22.
Juara 3, hasil seduhan stan cafe / warung kopi nomor 18, nilai 77,80.
Untuk Penataan Stan Cafe Terbaik
Juara 1, Kedai MakSih Jalan Veteran Lumajang, nama pemilik Fauzanas, nilai 79,58.
Juara 2, Markas Caffe Jalan Ranupakis Klakah, nama pemilik Musligh Rizza, nilai 79,35.
Juara 3, Waroeng Ajuz Jalan Abu Bakar Lumajang, nama pemilik Agus Setiawan, nilai 79,17. (Dika, Humas dan Protokol)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PRESS RELEASE
Ruwatan Wayang Kulit Diikuti 65 Orang
Bupati menuangkan air suci
Lumajang, 09 Oktober 2017 –Prosesi Ruwatanmassal yang baru pertama digelar di Kabupaten Lumajang cukup meriah. Ritual khas Hindu-Jawa ini diikuti 65 orang peserta di alun-alun ibukota Kabupaten Lumajang, Sabtu (07/10/2017).
Ruwatan Wayang Kulit secara missal itu merupakan satu rangkaian dari acara Gebyar Lumajang Sejahtera dan Bermartabat 2017. Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., bersama tamu yang hadir menyaksikan prosesi Ruwat massal yang diikuti oleh 65 orang. Ritual ruwatan berjalan dengan lancar dan hikmat.Ruwatan yang dilaksanakan merupakan bentuk permohonan kepada yang maha kuasa agar dijauhkan dari segala bentuk bahaya, selain itu, ruwatan juga dapat dilakukan sebagai upaya penyucian diri.
prosesi ruwatan
Air yang digunakan pada acara prosesi ruwatan kali ini menggunakan 9 macam air dari 9 sumber mata air yang dianggap suci di Ja

wa Timur. Air dari Watu Klosod Tawon Songo Kecamatan Pasrujambe, Air dari sumber Petilasan Sriaji Jayabaya Kediri, Air dari sumber Upas Trowulan Mojokerto, Air dari Sumber Lereng Gunung Welirang, Air dari Sumber Jolotundo Gunung Penanggungan, Air dari sumber Alas Purwo Banyuwangi, Air dari  sumber Alas Ketonggo Ngawi, Air dari sumur Eyang Tundo Negoro ( eyang Hugo ) Blitar dan Air dari Sumur Pendopo Kab. Lumajang.(Fadli, MirwanHumas dan Protokol)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PRESS RELEASE
BUPATI PAPARKAN POTENSI LUMAJANG
Add caption
Lumajang, 09 Oktober 2017Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., beserta seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang menyambut seluruh Forkopimda se- Baperwil V Jember (Sekar Kijang Pro). Forkopimda se- Baperwil V Jember diundang dalam serangkaian acara Gebyar Lumajang Sae yang Sejahtera dan Bermartabat. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan yakni Silahturahmi Forkopimda Se- Baperwil V Jember (Sekarkijangpro) di Pendopo Kabupaten Lumajang, Sabtu (07/10/2017).
Suasana silahturahmi yang dikemas dengan santai ini sekaligus  dilaksanakan sosialisasi tentang ketentraman dan ketertiban forkopimda se- Baperwil V Jember tahun 2017 yang dibuka oleh Kepala Baperwil V Jember, R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum. Tak hanya tamu undangan forkopimda saja, seperti Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit, juga diundang Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Eddy Santoso, Kabag Bin Opsnal Dit Binmas Polda Jatim, dan Dr. Dody Eko Wijayanto, S.H, M.Hum.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang, Drs. As’at, M. Ag.,  memaparkan potensi alam yang luar biasa di Lumajang. Potensi alam pariwisata yang dipaparkan yakni seperti Air Terjun Tumpak Sewu yang masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017 menjadi primadona wisata Lumajang selain Puncak B29, Negeri Di Atas Awan. Di samping itu, bupati juga memaparkan potensi hasil bumi yang melimpah ruah yang juga menjadi primadona Lumajang, yakni pisang agung, pisang mas kirana, dan KOLESEM (Kopi Lereng Semeru) yang saat itu juga disuguhkan kepada para tamu undangan saat silahturahmi forkopimda se- Baperwil V Jember. Bupati menyampaikan jika potensi-potensi alam tersebut dikelola dengan baik serta diekspos maka ekonomi di Lumajang akan berdampak positif tentunya.
Bupati Lumajanng juga memaparkan tenttang keberagaman adat, budaya, agama, dan geografis masyarakat Lumajang juga disampaikan. Dengan keberagaman masyarakat Lumajang, bupati merasa bangga dengan rasa persatuan, kerukunan, dan menjunjung tinggi rasa toleransi yang dimiliki oleh masyarakat Lumajang.
Di pihak Lain,  Kepala Baperwil V Jember, R. Tjahjo Widodo, S.H., M.Hum., sangat mengapresiasi jajaran Pemkab Lumajang dengan kegiatan yang dikemas sedemikian rupa untuk silahturahmi tujuh Kabupaten/Kota se- Baperwil V. Menurutnya, kegiatan ini sangatlah bagus karena bertujuan guna sinergitas tujuh kabupaten/kota untuk meningkatkan program pembangunan ekonomi di wilayah Baperwil V. (Mel, Mirwan Humas dan Protokol)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


PRESS RELEASE

Bupati Pungut Sampah di Alun-alun
Bupati dan Kepala Bakorwil V Jember memberikan sambutan
Lumajang, 9 Oktober 2017 -- Bupati Lumajang, Drs. As'at, M.Ag., disela sambutan, ia melihat ada beberapa sampah yang berserakan ada didepannya, tanpa malu, tanpa rasa risih mengambil seluruh sampah yang ada. Hal tersebut dilakukannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat siapa saja memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan.
BupatiLumajang bersama Forkopimda se Baperwil V Jember menyaksikan pagelaran wayang kulit, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gebyar Lumajang Sejahtera dan Bermartabat 2017, di Alun-alun utara Lumajang, Sabtu malam (07/10/2017).
Bupati menyampaikan penampilan pagelaran wayang kulit bertujuan untuk menikmati seni yang dikembangkan di Lumajang, selain jaran kencak, jaran slining dan tari remo dan yang pada tahun lalu, dalam acara harjalu juga ditampilkan 1000 penari godril.
Selain itu, Ia juga mengapresiasi kerja keras pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mempromosikan kopi dan produk unggulan Kabupaten Lumajang.''Bulan desember akan ada harjalu, salah satunya Nyeruput Bareng seperti hari ini'', ujarnya. Pada  bulan desember akan diselenggarakan kegiatan harjalu, salah satu acaranya nyeruput kopi bareng.
Disisi lain ia, Bupati Lumajang berharap,pembangunan alun-alun akan semakin memberikan manfaat untuk masyarakat. pembngunan tersebut meliputi ruang taman lalu lintas, Lapangan basket, pentas untuk pertunjukan, 3/4 pentas kecil di sekitar pohon beringin. Ia berharap dengan bisa membuka kesempatan belajar berbagai hal, ia berpesan masyarakat harus ikut membantu menjaga kebersihan dan merawatnya.
Sementara itu, Kepala Baperwil V Jember, R. Tjahjo Widodo, SH, M. Hum mengaku bahagia dan bangga dengan acara nguri-nguri budaya leluhur. “Negara lain tidak punya budaya seperti negara ini, ini budaya bangsa yang memiliki nilai tinggi”, pungkasnya. Ia berharap dengan kegiatan yang dilakukan seprti ini banyak tamu yang datang ke lumajang sehingga akan membantu roda perekonomian masyarakat.
Ia juga menyampaikan kegiatan kebudayaan perlu banyak diekspos, perlu peran anak-anak muda untuk membantu mempromosikan budaya dan pariwisata didunia maya, sehingga banyak masyarakat yang datang ke Lumajang. (Fadli, MirwanHumas dan Protokol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

21 - 11 - 2017 Press Release Humas dan Protokol Lumajang

PRESS R E LEASE Gandeng RT/ RW Rancang Program Pembangunan Bupati saat memberi sambutan Lumajang, 22 Nopember 2017 — Peme...